[Video] Berita Jembatan Tenggarong Runtuh, Puluhan Kendaraan Jatuh ke Sungai Mahakam

SAMARINDA, tribunkaltim.co.id - Jembatan Tenggarong yang merupakan sarana penghubung utama antara kota Tenggarong dan kota Samarinda roboh sekitar pukul 16. 35 Wita, Sabtu (26/11).


Akibatnya puluhan kendaraan roda dua dan roda empat yang tengah lalu lalang diatas jembatan sepanjang 712 meter dan lebar 9 meter itu jatuh ke Sungai Mahakam.

Menurut saksi mata M Gazali yang menghubungi tribunkaltim.co.id, Sabtu (26/11) sore sebelum rubuh, jembatan sempat berbunyi dan dalam beberapa menit kemudian akhirnya roboh.

Tim SAR saat ini sudah turun ke TKP untuk melakukan penyisiran dan evakuasi korban di sungai Mahakam. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui jumlah korban jiwa. (*) Kaltim.tribunnews


Jembatan terpanjang di Kalimantan yang menghubungkan Tenggarong dengan Tenggarong Seberang roboh sekitar pukul 15.30 Wita, atau pukul 16.00 WIB. Namun belum diketahui penyebab ambrolnya jembatan tua yang berusia 11 tahun itu "Masih dilakukan inevstigasi, kami tidak boleh menyimpulkan sebelum dilakukan investigasi," ucap Sudi Silalahi, Mensekneg, di Jakarta, Sabtu (26/11).

Sabtu kelabu menimpa bumi Borneo, Kalimantan. Menjelang malam Satu Suro, warga Kalimantan Timur (Kaltim) justru dikejutkan dengan robohnya Jembatan Mahakam II yang menghubungkan Tenggarong dengan Tenggarong seberang yang mendadak runtuh.

Sejumlah kendaraan yang sedang melewati jembatan tua itu terperosok dan terperangkap di tiang-tiang besi Jembatan Mahakam II. Diperkirakan ada 20 mobil yang tercebur ke dalam sungai. Tidak hanya berada di dalam air, bahkan ada kendaraan yang masih tersangkut di sejumlah tiang besi jembatan Mahakam yang sudah tua itu.

Sebanyak 3 orang meninggal dunia dan 17 luka-luka dalam peristiwa robohnya Jembatan Mahakam II atau Jembatan Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Hal itu disampaikan Sudi Silalahi dalam jumpa pers di tengah-tengah persiapan resepsi pernikahan putra Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono.

"Gubernur Kaltim (Kalimantan Timur) melaporkan ke presiden, 3 orang meninggal, 17 luka-luka," kata Sudi.

Untuk menyelamatkan para korban, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah meluncur ke lokasi kejadian. Dan Kepala Polri Jenderal Polisi Timur Pradopo menambahkan, Kepolisian Daerah setempat menjaga lokasi kejadian, agar masyarakat sekitar tetap dapat beraktivitas.

Dikira Pesawat, Ternyata Jembatan Roboh
menyatakan, dia mendengar suara gemuruh seperti suara pesawat. "Saya kira suara pesawat, sangat keras. Ternyata jembatan yang runtuh," kata Sapto yang berada sekitar 100 meter dari jembatan yang dikenal sebagai "Golden Gate"-nya Kalimantan Timur itu.

"Jembatan itu ambruk dari ujung ke ujung," kata Sapto yang berdomisili di Bogor, Jabar. "Jelas ada kendaraan yang nyemplung, tapi jumlahnya belum tahu," sambung Sapto.

Sapto berada di Kukar, untuk menghadiri pernikahan keluarga, besok(Minggu, (27/11) di Gedung Putri Karang Melenu yang berada di Tenggarong Seberang. "Karena jembatan runtuh, lokasi pernikahan dipindahkan," katanya.

Jembatan Mahakam II sepanjang 1.050 meter ini menghubungkan Tenggarong Seberang dengan Tenggarong Kota. Saat ini masyarakat memadati runtuhnya jembatan yang menjadi urat nadi perekonomian di Kabupaten Kutai Kartanegara tersebut. [kompas]

Berikut Video Jembatan Tenggarong Roboh

Title : [Video] Berita Jembatan Tenggarong Runtuh, Puluhan Kendaraan Jatuh ke Sungai Mahakam
Description : SAMARINDA, tribunkaltim.co.id - Jembatan Tenggarong yang merupakan sarana penghubung utama antara kota Tenggarong dan kota Samarinda roboh ...

0 Response to "[Video] Berita Jembatan Tenggarong Runtuh, Puluhan Kendaraan Jatuh ke Sungai Mahakam"

Post a Comment

Powered by Blogger.